Ahlan wa Sahlan akhi wa ukhti..

Belajar menjadi muslim sejati, Blog orang islam dan yang mau belajar Islam, berisi tentang artikel Islam, semoga bermanfaat dan disini kita saling sharing bareng, Pengunjung yang baik meninggalkan komentar dan join dengan klik "join this site" di bawah ini... Allohu akbar! Terus semangat untuk terus belajar Islam secara kaffah(menyeluruh)...

Gabung di sini dengan klik "join this site"

Daftar Isi

MEMBUKA PELUANG KEBAIKAN

Diposting oleh break_through on Selasa, 02 Oktober 2012


“Salah satu investasi yang dijamin tidak pernah merugi adalah investasi kebaikan. Semakin besar investasi kebaikan yang kita tanamkan, semakin besar kebaikan yang kembali kita dapatkan dari kehidupan.” – Eko Jalu Santoso, Motivasi Indonesia – 

       Sahabat Motivasi Indonesia, Kita perlu menyadari bahwa setiap kebaikan yang kita berikan bagi sesama kehidupan sesungguhnya adalah saham atau investasi yang akan memberikan keuntungan bagi kehidupan kita baik sekarang maupun yang akan datang. Tak ada satu kebaikan pun yang dilepaskan menjadi sia-sia. Mungkin saja kebaikan yang kita lakukan seolah-olah nampak sia-sia bagi pandangan orang lain, tapi yakinlah bahwa itu tidak sia-sia bagi Allah. Bahkan hal ini secara tegas dijamin oleh Allah sebagaimana telah disampaikan dalam kitab suci-Nya bahwa Tuhan akan menggandakan berlipat-lipat, kepada setiap manusia yang melepaskan kebaikan dengan ikhlas.
       Sayangnya meskipun sudah nampak nyata bukti-bukti yang diberikan kehidupan kepada mereka yang banyak melakukan kebaikan, masih saja banyak orang senang menundanunda untuk melakukan kebaikan. Mengapa demikian ? Hal ini disebabkan oleh banyaknya godaan, baik dari internal dalam diri kita sendiri, maupun dari eksternal (lingkungan). Godaan ini kerap sekali membuat orang yang hendak berbuat baik terhalang, suka menunda-nunda, hingga akhirnya tidak sempat berbuat baik. Padahal menunda kebaikan berarti membuang waktu, usia, kesempatan mulia yang telah diberikan Allah SWT.

       Sahabat, dimanakah kita dapat menemukan peluang kebaikan itu ? Dimanakah pintupintu kebaikan itu ? Pintu-pintu untuk meraih kebaikan itu sesungguhnya sangat banyak dan tersebar dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan mulai dari yang sangat sederhana sampai dengan yang lebih tinggi nilainya terbuka lebar bagi siapa saja yang bersedia menjemputnya, diantaranya adalah :
1. Bersedia memikirkan tentang kepentingan orang lain, bukan hanya memikirkan kepentingan sendiri
2. Bersedia memberi perhatian kepada orang lain, bukan hanya minta diperhatikan
3. Memberikan senyuman dan menyapa orang lain dengan ramah dan ikhlas
4. Bertutur kata yang baik dan sopan dengan orang lain
5. Mengingatkan orang lain untuk melakukan hal-hal yang benar
6. Menjadikan orang lain merasa penting dan dibutuhkan
7. Berbagai semangat dan motivasi kepada orang yang sedang mengalami kegagalan
8. Memberikan pertolongan kepada orang yang sedang mengalami kesulitan
9. Memiliki keikhlasan hati membantu orang yang memerlukan bantuan
Dan lain sebagainya

       Semua hal-hal sederhana itu termasuk pintu-pintu kebaikan. Pintu-pintu kebaikan seperti ini kalau kita lakukan dengan keikhlasan merupakan sebuah potensi investasi yang pasti akan dikembalikan kepada kita. Hal itu semua merupakan potensi untuk menjaga kejernihan suara hati, sehingga cahayanya dapat memancar dalam kehidupan.
       Bagaimana agar kita dapat selalu menjaga semangat untuk selalu bersedia berbagai energi kebaikan dengan sesama kehidupan ? Bagaimana agar dapat menggali sumbersumber kebaikan dan memancarkan energi kebaikan bagi kesuksesan dan kemuliaan hidup ? Bagaimana agar kita dapat mengalahkan berbagai godaan yang menjadi penghambat dalam melakukan kebaikan ?
Sederhananya, disini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:
1. Hadapkanlah wajah kepada Allah di manapun kita berada. Dengan merasa bahwa Allah selalu mengawasi kita, maka akan tumbuh Kesadaran untuk melakukan kebaikan karena Allah semata.
2. Dengarkan suara hati terdalam dalam setiap langkah kehidupan, sehingga setiap keputusan yang kita ambil adalah berdasarklan suara hati yang senantiasa mendorong kearah mulia.
3. Kalau kita merasa telah melakukan perbuatan kurang baik, maka berusahalah segera melakukan 4. perbuatan baik yang lebih banyak lagi kepada sesame kehidupan
5. Mengalahkan ego pribadi dengan mau memikirkan kebutuhan dan kepentingan orang lain
6. Membina hubungan yang baik dengan orang-orang yang memiliki semangat positif dan memiliki 7. kemuliaan akhlak.
8. Saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran dengan sesama.

       Sahabat, ingatlah bahwa orang yang pertama merasakan manfaat dari berbuat kebaikan adalah mereka sendiri yang telah melakukannya. Mereka yang telah melakukan tindakantindakan positif dan kebaikan bagi sesama akan merasakan “buah”nya seketika itu dalam jiwa, akhlak, dan hati nuraninya. Sehingga hatinya akan terjaga kejernihannya. Hidup akan terasa lebih mudah, tenang, tenteram dan damai di hati. SEMOGA BERMANFAAT.

Oleh Eko Jalu Santoso
Eko Jalu Santoso adalah Founder Motivasi Indonesia, Penulis Buku “The Art of Life
Revolution” dan buku “Heart Revolution, Revolusi Hati Nurani” yang diterbitkan Elex
Media Komputindo.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...